Dirjen Pajak: Tax Amnesty Berhasil Karena Gotong Royong

Ilustrasi Opini - Menyoal Rencana Penerapan Tax Amnesty

Jakarta – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan sukses menjaring 15.856 wajib pajak baru yang terdaftar sejak bergulirnya tax amnesty 18 Juli lalu. Sebelumnya hanya ada 10.890 wajib pajak yang terdaftar sebelum tax amnesty diluncurkan.

“Wajib pajak terdaftar setelah tax amnesty ada 15 ribu wajib pajak. Jadi totalnya ada 25 ribu wajib pajak baru,” ujar Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi saat menghadiri acara sosialisasi tax amnesty di Gedung Sudirman, Kantor Wilayah Wajib Pajak Besar, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Ia mengatakan, hal tersebut semata-mata karena adanya semangat saling bahu membahu antara masyarakat sebagai wajib pajak dan pemerintah sebagai pemungut pajak.

“Kita lihat tax amnesty itu dengan gotong royong. Kenapa di kita berhasil, di negara lain tidak, karena gotong royong nggak ada di negara lain. Coba lihat kamus bahasa Inggris, apa ada bahasa Inggrisnya gotong royong?” tambahnya.

Selain itu, menurutnya tax amnesty tidak terlepas dari para pegawai di DJP yang ternyata didominasi oleh para pegawai yang berusia 40 tahun ke bawah. Hal ini menurutnya menambah semangat DJP dalam mensukseskan tax amnesty ini. Seperti diketahui, generasi ini terkenal dengan semangat mudanya dalam melakukan perubahan.

“50% pegawai DJP itu umurnya 40 tahun ke bawah. Pegawai kita didominasi penuntut reformasi. Bahkan saat memberikan pelayanan kemarin, mereka berlomba. Karena produk reformasi, mereka nggak pernah aneh-aneh. Kalau yang generasi angkatan 50 tahun kayak saya dulu ceritanya kancil nyolong timun. Tapi sekarang tontonannya sudah lain, banyak superhero. Jadi sudah beda,” tutur dia.

Namun demikian, ia mengaku belum puas akan pencapaian tax amnesty yang digadang oleh banyak orang sebagai program pengampunan pajak tersukses di dunia. Pasalnya, secara total hanya ada 2% wajib pajak yang ikut serta dalam program tax amnesty hingga saat ini.

“Wajib pajak yang ikut itu hanya 2,09%. Saya belum puas. Susah buat saya puas. Jumlahnya baru 2,09% dari 20,1 juta wajib pajak. Padahal saya harap 20 jutanya ikut tax amnesty,” jelasnya.

“Dengan tarif rendah, saya bisa dapatkan Rp 97 triliun dalam 3 bulan, bagi saya belum. Kalau bisa 10 dikali 97, baru saya puas,” pungkasnya.

Sumber : DETIK

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: