UMKM Perlu Imbal Balik dari Amnesti

56467-calendar-999172_640

Sama seperti pengusaha lain, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UKM) mendapat kesempatan mengikuti program amnesti pajak dari pemerintah. Memang pemerintah mengklaim sudah memberikan berbagai kemudahan dari sisi administrasi bagi para UKM yang ingin ikut program tersebut.

Kalau boleh jujur, para pebisnis UKM mengaku masih berat harus mengikuti program tersebut, soalnya, mereka termasuk saya masih harus berjuang mengembangkan bisnis masing-masing

Kalau bisnis merugi tentu pengusaha itulah yang harus menanggung kerugian. Namun apabila sudah untung, ya harus membayar pajak.

Sebetulnya tidak sulit mengikuti amnesti pajak. Tapi bagi pelaku UKM yang masih awam, tentu masih susah memahami arah dari kebijakan ini.

Sampai saat ini, saya masih belum mengikuti amnesti pajak, karena masih sibuk dengan bisnis yang saya geluti. Namun bila sudah ada waktu senggang, saya pasti akan mengikuti program ini.

Tapi saya tidak akan sendirian mengurus amnesti pajak. Saya akan memakai jasa konsultan pajak supaya tidak menemui kesulitan dalam pengurusan administrasi pajak. Sejauh ini, setiap bulan saya juga sudah membayar pajak.

Para pebisnis UKM sebetulnya mengeluh dengan program ini. Takut mendapat hukuman atau dikejar polisi apabila tidak mengikuti aturan pajak.

Apalagi dengan jatuh tempo yang sudah ditentukan, menyebabkan kalangan UKM menjadi tergopoh-gopoh untuk bisa mengurus pajak tersebut. Keadaan ini membuat posisi kami menjadi lebih sulit.

Soalnya kalangan UKM tidak memiliki pengalaman mengikuti amnesti pajak. Segala sesuatu pasti mereka urus sendiri.

Ada baiknya pemerintah menjemput bola ke pebisnis ini. Misalnya, lewat komunitas-komunitas yang ada di kalangan pebisnis UKM. Atau memeberi akses untuk memahami kebijakan ini. Jangan lupa kami juga minta imbal balik dari program tersebut.

Penulis: Asdwin Noor

Sumber: KONTAN

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: