Sosialisasi Menjadi Kunci Amnesti Pajak

29418-logo2bamnesti2bpajak2b-2btax2bamnesty

JAKARTA. Minimnya pengetahuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih menjadi kendala utama pelaksanaan amnesti pajak tahap kedua. Dari sejumlah pengakuan yang dihimpun redaksi KONTAN di ITC Mangga Dua Jakarta Pusat, simpang siur informasi juga membuat mereka enggan ikut amnesti.

Inilah salah satu penyebab mengapa hingga Selasa (1/11) pelaku UMKM masih minim berpartisipasi dalam program amnesti pajak. Dari data BPS yang menyebut ada 57 juta pelaku UMKM di Indonesia, yang ikut baru sekitar 100.000 UMKM. “Saya masih bingung, informasinya berbeda-beda,” kata Dini (52) pemilik toko pakaian di ITC Mangga Dua ke KONTAN, Selasa (1/10).

Oleh karena itulah, sampai sekarang, keinginan untuk ikut amnesti pajak belum dilaksanakan juga. Hal senada juga diungkapkan oleh Windy (50) dan Arry (60), yang juga memiliki toko pakaian di ITC Mangga Dua. “Selain informasi simpang siur, temen-temen banyak yang agak marah, karena yang bayar pajak disamakan dengan yang mengemplang pajak,” kata Windy.

Pelaku UMKM di ITC Mangga Dua memang menjadi salah satu incaran Ditjen Pajak, untuk ikut amnesti pajak. Tidak salah jika kemudian otoritas pajak ini menggelar sosialisasi langsung ke para pedagang di ITC Mangga Dua. Sebelumnya Ditjen Pajak juga mendatangi pedagang di Pasar Tanah Abang. “Kita akan menggalakkan sosialisasi, seperti di ITC Mangga Dua ini,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Hestu Yoga Saksama, Selasa (1/11).

Hestu mengklaim, saat ini, hampir 50% pedagang di ITC Mangga Dua sudah mengikuti amnesti pajak. Sosialisasi ini dilakukan agar 50% pedagang di ITC Mangga Dua ikut amnesti pajak. Hestu menyebutkan, hingga Selasa kemarin, secara nasional partisipasi UMKM ikut amnesti pajak sudah mencapai lebih dari 100.000 UMKM. Jika di periode pertama ada 75.000 UMKM ikut amnesti, di periode II sudah 31.000 UMKM. “Intinya kita akan terus sosialisasikan,” katanya.

Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi bilang, pihaknya terus menerus sosialisasi, bahkan di satu tempat, karena realisasi amnesti masih sedikit. Jika dihitung keseluruhan wajib pajak yang menyampaikan SPT, baru 4% yang ikut. “Kenapa kita sosialisasi terus, karena persentase masih sedikit,” ungkapnya.

Sumber: KONTAN

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: