Sri Mulyani Gencar Ajak Tax Amnesty, Peserta Masih Kurang Bu?

KOMISI XI DPR RI RAPAT KERJA DENGAN MENTERI KEUANGAN RI, SRI MULYANI (Tangakapan Layar Youtube)

Sebulan berlakunya Program Pengungkapan Sukarela (PPS) alias tax amnesty jilid II sepertinya tidak membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati puas. Sosialisasi akan terus digencarkan untuk menarik lebih banyak peserta.

“DJP dan kita seluruhnya akan terus melakukan sosialisasi kepada wajib pajak sehingga program ini yang hanya terbatas sampai akhir Juni 2022,” ungkap Sri Mulyani dikutip Kamis (3/2/2021)

Dari data Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan per 1 Februari 2022 tercatat jumlah wajib pajak yang sudah ikut program ini sebanyak 9.577 orang. Dengan surat keterangan sebanyak 10.506.

Untuk harta bersih yang dilaporkan sudah mencapai Rp 8,8 triliun. Dari jumlah tersebut yang masuk ke penerimaan negara sebagai pajak penghasilan (PPh) final senilai Rp 935,12 miliar.

Adapun secara rinci harta bersih tersebut masuk melalui yang deklarasi dalam negeri dan repatriasi sebesar Rp 7,51 triliun serta deklarasi luar negeri sebesar Rp 728,74 miliar. Kemudian ada juga yang masuk ke investasi sebesar Rp 566,01 miliar.

Masyarakat diharapkan memanfaatkan fasilitas ini bila tidak ingin menanggung beban yang lebih besar di masa depan, ketika harta yang tidak dilaporkan kedapatan oleh petugas pajak.

“Jadi tinggal 5 bulan ini bisa dimanfaatkan secara optimal oleh WP yang memang masih perlu untuk menggunakan pengungkapan PPS ini,” terangnya.

Tidak hanya itu, Sri Mulyani juga akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Apalagi dalam waktu dekat ada kewajiban pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak. Di mana bagi orang pribadi di akhir Maret dan badan di akhir April.

“Pada saat yang sama kita akan mengingatkan kepatuhan itu bisa terus ditingkatkan oleh seluruh WP di Indonesia baik perorangan maupun korporasi,” pungkasnya.

Sumber: cnbcindonesia

http://www.pengampunanpajak.com



Kategori:artikel

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: