Berita Terbaru Terkini Hari ini : Selebgram dan Youtuber Siap-siap Kena Pajak

7

Berita Terbaru Terkini Hari ini : Selebgram dan Youtuber Siap-siap Kena Pajak. Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan membuat sebuah kebijakan baru untuk mereka para selebgram dan youtuber. Pada Kamis (13/10) Kemenkeu menyatakan akan mencari cara untuk memperoleh pajak dari orang-orang yang terkenal di jejaring sosial seperti instagram dan youtube. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, Kemenkeu menilai bahwa para selebgram dan youtuber sesungguhnya memiliki ruang atau kesempatan yang besar dalam meraup penghasilan dari produk yang mereka jual melalui sosial media tersebut.

Sosial media saat ini memang tak hanya sebatas sarana komunikasi antar penggunanya di dunia maya. Lebih dari itu, sosial media dijadikan sebagai sarana bisnis oleh mereka para internet marketer. Contohnya Instagram dan Youtube. Pada mulanya instagram adalah media yang digunakan untuk mengoleksi foto dan video berdurasi singkat tanpa ada nilai bisnis.

Namun kini berbagai macam foto dan video yang dibagikan adalah mengenai produk yang dijual. Selebgram, adalah sebutan bagi orang yang kerap dijadikan bintang iklan di intagram untuk kemudian mempromosikannya (endorse) barang dagangan dari toko online tertentu di akun Instagramnya. Tak jauh berbeda dengan Youtuber, yakni sebutan untuk orang yang mengunggah video di akun miliknya sendiri dengan mengiklankan produk-produk tertentu.

Langkah Kemenkeu untuk menarik pajak dari selebram dan youtuber diperkuat oleh  Undang-Undang (UU) Perpajakan. Dalam Undang-Undang Perpajakan tersebut disebutkan bahwa siapapun yang memiliki penghasilan maka mereka adalah objek pajak. Sebab itu, orang yang terkenal melalui media sosial dan menjual produknya hingga laku terjual sudah tentu wajib membayar pajak karena mendapatkan penghasilan dari produk yang diiklankannya.

Selain itu, Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kemenkeu Hestu Yoga Saksama menegaskan, “Mau pebisnis online, selebgram, youtubers. Misalnya saya punya account youtube, atau twitter kalau pengikut saya banyak terus ada yang titip tolong iklanin ini kemudian saya dapat duit. Secara ketentuan itu juga kan penghasilan yang kena pajak dan itu harus dilaporkan dalam SPT.”

Sumber : http://www.pemeriksaanpajak.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:pemeriksaan pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: