Bank Dunia: Program Amnesti Pajak RI Kurangi Risiko Fiskal

46652-amnestipajak

Jakarta, Bank Dunia mengapresiasi program kebijakan amnesti pajak Indonesia yang telah digaungkan sejak beberapa bulan lalu.

Dalam “Laporan Ekonomi Triwulanan Indonesia, Oktober 2016: Tekanan Mereda” yang dikeluarkan Bank Dunia menyebut penerimaan lebih tinggi dari program amnesti pajak membantu mengurangi risiko fiskal.

“Pengumpulan pajak dari fase pertama telah mencapai Rp93,4 triliun, setara dengan 56,6 persen dari sasaran keseluruhan tiga fase,” demikian intisari laporan Bank Dunia tersebut, seperti dikutip Senin (31/10/2016).

Laporan Bank Dunia juga memaparkan jika perbaikan manajemen fiskal telah membuat ekonomi Indonesia tetap bertahan kuat. Risiko-risiko eksternal bagi ekonomi Indonesia tetap ada, termasuk pertumbuhan global yang lebih rendah serta gejolak pasar keuangan.

Adapun risiko-risiko fiskal domestik telah berkurang berkat penyesuaian anggaran 2017 yang belum lama diumumkan juga draf anggaran 2017 yang lebih mungkin untuk dicapai.

“Proyeksi pertumbuhan PDB tetap sama dengan laporan bulan Juni, yaitu 5,1 persen untuk 2016 dan 5,3 persen untuk 2017. Konsumsi domestik diperkirakan tetap kuat dan peningkatan pertumbuhan akan bergantung pada investasi swasta yang lebih kuat,” jelas laporan tersebut.

Bank Dunia selain memaparkan mengenai kondisi fiskal Indonesia juga membahas ketahanan pangan, termasuk dampak subsidi pemerintah; bagaimana meningkatnya sertifikasi guru belum membuat capaian belajar siswa menjadi lebih baik; analisa bagaimana akses layanan air, sanitasi, dan kebersihan bisa membantu mengurangi stunting dan kemiskinan.

Sumber : METROTV

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: