Dirjen Pajak: Pencapaian “Tax Amnesty” Indonesia Bikin Iri Negara Lain

c11a3-logo2bamnesti2bpajak2b-2btax2bamnesty

Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengungkapkan, suksesnya program pengampunan pajak atau tax amnesty periode pertama di Indonesia membuat banyak negara tidak senang.

“Iri negara lain itu,” ujar Ken di Kantor Pusat Direktorat Pajak, Jakarta, Senin (7/11/2016). Menurut Ken, capaian program tax amnesty berdampak langsung kepada sejumlah negara.

Bahkan ia menyebut melemahnya kurs mata uang asing disebabkan oleh tax amnesty. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak pada Rabu pekan lalu, pelaporan harta tax amnesty mencapai Rp 3.889 triliun, terdiri dari deklarasi dalam negeri Rp 2.763 triliun, deklarasi luar negeri Rp 983 triliun, dan repatriasi Rp 143 triliun.

Adapun total uang tebusan yang masuk ke kas negara Rp 94,2 triliun dengan surat pernyataan harta (SPH) yang dilaporkan mencapai 440.826.

“Kan orang bilangnya ‘kurang ajar Indonesia, ekonominya bagus dan kuat’ jadi takut (mereka),” kata Ken.

Pernyataan Ken itu sekaligus menegaskan pernyataan Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat menyampaikan pesan kepada para pegawai pajak dalam acara rapat pimpinan Ditjen Pajak.

Gatot Nurmantyo mengungkapkan, banyak negara iri dengan kondisi Indonesia saat ini. Pertumbuhan ekonomi nasional yang positif di tengah perlambatan perekonomian global dan melimpahnya kekayaan sumberdaya alam, membuat Indonesia mulai diperebutkan oleh berbagai kepentingan.

“Yang coba digoyang adalah kondisi dalam negerinya. Kebinekatunggalikaan kita digoyang-goyang, ini yang bikin bangsa asing masuk,” ujar Gatot.

Ia berharap para pegawai pajak bisa menyikapi kondisi tersebut dengan tetap bekerja keras meningkatkan penerimaan negara. Seperti diketahui, penyumbang terbesar penerimaan negara berasal dari pajak.

Sumber : KOMPAS

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: