Dua Perusahaan Perkebunan Peroleh Diskon Pajak

JAKARTA – Pemerintah menyetujui pemberian insentif fiskal dalam bentuk diskon pajak (tax allowance) kepada dua perusahaan perkebunan, yaitu PT Sukses Mantap Sejahtera yang bergerak di bidang pabrik gula dan PT Permata Hijau Palm Oleo untuk pabrik oleochemical.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, keringanan pajak sebesar 30% dari nilai investasi itu diberikan kepada dua perusahaan tersebut karena berinvestasi di luar Jawa. Dia menilai keringanan pajak yang diberikan juga menunjukkan komitmen pemerintah untuk mendorong investasi lebih banyak di luar Jawa.

”Jangan dibiarkan berlarut-larut dan mengganggu permohonan tax allowance untuk perusahaan, tapi harus dibicarakan,” ujar Darmin melalui keterangan tertulisnya kemarin.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong menambahkan, pemberian keringanan pajak merupakan realisasi janji pemerintah kepada investor yang merealisasikan investasinya. Dia menyebut lamanya realisasi investasi selama ini bukan karena keputusan investor semata. ”Ketertundaan proyek ini bukan karena salah mereka, tapi karena kendala di lapangan, mulai dari izin di daerah hingga urusan lahan,” kata Thomas.

PT Sukses Mantap Sejahtera dinilai menjadi perusahaan pionir yang mendirikan pabrik gula di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat dalam rangka mendukung swasembada gula.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah akan mendorong industri gula kristal putih (rafinasi) khususnya dalam pembangunan pabrik gula. Hal ini disebutnya penting untuk mendukung pabrik gula agar bisa bertahan. ”Selama ini banyak perusahaan yang minta izin impor gula, tetapi tidak pernah membangun pabriknya.

Jadi, perlu perhatian khusus untuk mereka yang serius membangun pabrik gula,” kata Airlangga. Sementara perusahaan lainnya, PT Permata Hijau Palm Oleo yang bergerak di industri kimia dasar organik, juga memperoleh persetujuan pemberian keringanan pajak karena mendirikan pabrik oleo chemical. Perusahaan yang sebelumnya mendapat izin mendirikan pabrik di Belawan memindahkan lokasinya ke Deli Serdang, Sumatera Utara karena masalah pasokan energi.

Sumber: http://www.pemeriksaanpajak.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:pemeriksaan pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: