Asyik, Kini Pajak DIRE Hanya 0,5%

2

JAKARTA. Akhirnya relaksasi aturan Dana investasi Real Estate alias DIRE resmi berlaku. Pemerintaha menurunkan Pajak Penghasilan (PPh) produk DIRE menjadi 0,5% dari jumlah bruto nilai pengalihan real estate. Sebelumnya, produk DIRE dikenakan pajak sebesar 5%.

Ketentuan anyar ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2016 tentang Pajak Penghasilan atau Penghasilan dari Pengalihan Real Estate dalam Skema Kontrak Investasi Kolektif Tertentu.

Senior Research Analyst Pasar Dana Beben Feri Wibowo menilai, relaksasi yang diluncurkan pemerintah akan mendorong ramainya penerbitan DIRE. Sebab, pengeluaran pajak relatif lebih kecil.

Tantangan selanjutnya terletak pada minimnya pemahaman investor terhadap produk DIRE. Ia menyarankan pemerintah maupun pelaku DIRE untuk melakukan edukasi produk DIRE.

Menurut Beben, imbal hasil (return) DIRE sejatinya cukup atraktif. Namun, investor dengan profil risiko tinggi kurang tepat memarkirkan dananya pada DIRE. “High risk profile investor sebaiknya langsung ke saham atau reksadana berbasis saham,” imbuhnya.

Menurut Beben, tahun 2017 merupakan momentum yang tepat untuk meluncurkan DIRE. Sebab, pada kuartal IV-2016, penerbitan obligasi lebih semarak. Sehingga ada potensi perebutan dana investor di sisa tahun 2016.

Awal tahun 2017 jadi momentum tepat untuk menerbitkan DIRE.

Rudiyanto, Direktur PT Panin Asset Management, optimistis, pemangkasan PPh akan membuat kompetitif di Indonesia. Sebab, pasokan DIRE masih terbatas. Ini terkait ketersediaan pengembang property untuk menjual propertinya ke DIRE serta adanya manajer investasi yang mau membungkus produk tersebut.

Guna menggenjot produk DIRE, Rudiyanto menyarankan pemerintah juga memangkas bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) menjadi 0,5%.

Setelah ada relaksasi aturan, Investment  Director Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul Wawointana memproyeksi, beberapa perusahaan bakal menerbitkan DIRE diawal 2017.

Sumber: http://www.pemeriksaanpajak.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:pemeriksaan pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: